Screen

Profile

Direction

Menu Style

Cpanel

Selasa,2 September 2014

Energi Terbarukan Panas Bumi Harga Jual Listrik Panas Bumi 9-10 sen Dollar AS/kWh

Harga Jual Listrik Panas Bumi 9-10 sen Dollar AS/kWh

Jakarta - Pemerintah bakal mematok harga jual listrik dari pembangkit listrik panas bumi di kisaran  9  sen dollar AS per kWh hingga  10 sen dollar AS per kWh. Harga ini lebih tinggi dari sebelumnya.

 

 

Sebelumnya, harga jual listrik untuk PLTP dipatok maksimal  9,7 sen dollar AS per kWh. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Kardaya Warnika mengatakan, aturan revisi harga jual ini akan segera terbit dalam waktu dekat."Aturan baru nanti berlaku untuk proyek baru dan untuk pertambahan, misalkan PLTP Kamojang kan sudah ada sekian, terus mau menambah lagi, dan boleh pakai aturan yang baru," kata Kardaya, Senin (7/5).

Kenaikan harga jual ini untuk mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga bumi. Pemerintah menargetkan pemanfaatan panas bumi pada 2015 mencapai 4.500 MW.

Aturan yang terbit nanti juga akan menetapkan waktu pembangunan PLTP agar sesuai target. “Kalau menghasilkan listriknya paling lambat 2018 misalnya, maka pakai harga itu. Kalau misalnya dia menghasilkan listriknya 2050 ya itu nggak bisa,” jelas Kardaya.

Harga jual dikisaran  9 sen dollar AS hingga 10 sen dollar AS  per kWh ini berlaku untuk PLTP Jawa. Sementara untuk di luar Jawa, Kardaya mengatakan akan ada faktor pengali. Menurut Kardaya, perbedaan harga ini karena karakteristik sumber energi di setiap pulau berbeda-beda.Meski aturan itu tidak berlaku surut, Kardaya mengatakan PLN dan pihak pengembang bisa saja memperbaharui harga,jika ada kesepakatan di kedua belah pihak.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Panas Bumi Indonesia Abadi Poernomo menilai, harga jual yang ditetapkan pemerintah tetap tidak menarik. Dia beralasan, investor lebih memilih harga jual listrik panas bumi berdasarkan lokasi dan kapasitas. "Jadi harga jual listriknya itu nanti segmented," kata Abadi.

Ia beralasan, besaran investasi dan risiko di setiap daerah tidak selalu sama. "Untuk beberapa daerah, harga jual listrik panas bumi itu bisa mencapai 17 sen dollar AS per kWh lho. Tentu saja tidak akan menarik kalau hanya 9-10 sen dollar AS per kWh," kata Abadi.ins

Artikel Terkait
leftRedaksi/Iklan : Jl. Cipta Menanggal VI/7 Surabaya Telepon: 031- 828 1712, Fax 031-827 0385  Email : Media@global-energi.com

Newsletter